PPJ ONLINE

Assalamu’alaikum wr.wb.

Segala puji bagi zat yang maha suci Allah Robbul’izzati, segala puja bagi Allah yang maha kuasa, penguasa alam semesta dan segala isinya. Shalawat dan salam semoga selalu terlimpah curah kepada junjungan alam, junjungan kita semua, kekasih Allah Nabi Muhammad SAW juga kepada keluarga dan para sahabatnya, semoga kita senantiasa dapat mengikuti ajarannnya dan mendapat syafaatnya di yaumil akhir nanti.

Terkait musibah yang menimpa Indonesia dan lebih dari 200 negara lain di dunia yaitu pandemic Covid-19 banyak tatanan yang berubah dan harus menyesuaikan dengan keadaan, ini semua kehendakNya agar kita semua mampu berintrospeksi dan mengingat keagunganNya.

Pada kondisi seperti ini seyogyanya semua orang menyadari bahwa ini adalah tanggung jawab kita bersama, untuk dapat menghentikan atau setidaknya dapat mengurangi  penyebaran coronavirus ini. Anjuran pemerintah sudah jelas bahwa masyarakat hendaknya stay at home, work from home, jaga jarak, dan tidak melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak. Keperluan keluar rumah hendaknya diminimalisir.

Termasuk kegiatan pembelajaran baik di tingkat prasekolah, SD, SMP, SMA, SMK, perguruan tinggi dilakukan dengan system daring. SMA Negeri 1 Cigombong sebagai bagian dari keluarga besar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dalam hal ini mengikuti Surat Kadisdik Provinsi Jawa Barat tertanggal 27 Maret 2020 nomor 443/3718-Set.Disdik tentang Penyelenggaraan Pendidikan dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Provinsi Jawa Barat, serta Surat dari KCD Wilayah 1 Tertanggal 28 Maret 2020Nomor 423/0587-Cadisdik Wil 1/III/2020 perihal Pelaksanaan KBM selama Pencegahan Penyebaran Covid -19 di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1.

Penyelenggaran pembelajaran di SMA Negeri 1 Cigombong pada minggu pertama yaitu dari tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 20 Maret 2020 memberikan edukasi sekitar Covid-19 dan dilanjutkan dengan penugasan membuat desain poster dengan tujuan agar peserta didik dapat menjadi agen edukasi Covid-19  minimal di dalam keluarga dan lingkungan terdekatnya.

Kegiatan minggu kedua yaitu dari tanggal 23 Maret sampai dengan 27 Maret 2020 adalah seluruh guru mata pelajaran diberikan jadwal agar dapat melaksanakan pembelajaran daring dengan durasi belajar dikurangi disesuaikan dengan keadaan, tentulah kegiatan ini akan berhasil jika ada kerjasama antara pihak sekolah dengan orangtua di rumah yang akan mengarahkan kegiatan putra-putrinya.

Kegiatan minggu ketiga dan keempat  yaitu tanggal 30 Maret sampai dengan tanggal 13 April 2020 kembali guru mata pelajaran memberikan pembelajaran daring dengan dibatu oleh Google Classroom dan Zoom, tetapi bagi peserta didik yang kurang mampu untuk dapat menyediakan sejumlah kuota yang diperlukan pendidik memberikan pembelajaran dengan cara lain, yang semua ini terpantau oleh sekolah karena guru mata pelajaran harus mengikuti rambu-rambu yang telah diisyaratkan dalam Surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yaitu :

  1. Pembelajaran daring dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun untuk kelulusan.
  2. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, jika ada tugas kelompok maka tugas itu harus dilakukan dengan moda daring dari rumah masing-masing.
  3. Belajar dari rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemic Covid-19.
  4. Aktivitas tugas pembelajaran belajar dari rumah dapat bervariasi antar peserta didik, sesuia minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar di rumah .
  5. Penugasan tidak diharuskan secara kuantitas sesuai jumlah jam pembelajaran regular, namun cukup memoresentasikan mata pelajaran.
  6. Bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif.
  7. Pembelajaran agar dilakukan secara kreatif, menyenangkan, melatih kemandirian, tidak menimbulkan kepanikan/kecemasan, serta tidak memberatkan peserta didik maupun orangtua.

Pembelajaran daring ini tetap dipantau pelaksanaannya dan dapat dievaluasi dan diubah teknisnya disesuaikan dengan keadaan.

Semoga pembelajaran daring pada minggu ketiga ini dapat dilaksanakan dengan baik dan tanpa hambatan yang berarti, semoga Allah memberikan kesehatan dan kekuatan kepada kita untuk menjalani semua ini. Kekuatan milik Allah, kekuasaan milik Allah, keagungan milik Allah, kita manusia diberikan kesempatan untuk berdoa dan berusaha. Mari menggunakan kesempatan itu sebaik-baiknya.

Billahi taufik walhidaayah. Wassalamu’alaikum wr.wb.

( Report By Hj. Hartati, S.Pd., M.Mpd. )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *